Kemenperin Bersiap Hadapi Era 4.0

Kemenperin Bersiap Hadapi Era 4.0

Indonesian Today’s, Jakarta – Sesuai dengan peta jalan Making Indonesia 4.0, terdapat lima sektor yang sedang diprioritaskan dalam pengembangannya, yakni industri makanan dan minuman, tekstil dan pakaian, otomotif, elektronik, dan juga kimia. Kemenperin terus mempersiapkan sektor manufaktur nasional dalam rangka menuju era industri 4.0.

“Kami sudah merangkai Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0), yang itu adalah indeks acuan untuk industri dan pemerintah dalam mengukur persiapan industri bertransformasi mengarah ke industri 4.0 di Indonesia,” ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Jakarta, Selasa (19/3).

Ngakan mengatakan, di antara tahapan guna menyosialisasikan dan merealisasikan INDI 4.0, Kemenperin aktif melaksanakan Workshop Self Assessment INDI 4.0.

Kali ini, dalam kegiatan itu diikuti sebanyak 100 peserta yang mencakup 50 peserta dari sektor industri makanan dan minuman serta 50 peserta dari sektor industri elektronik.

“Workshop Self Assessment INDI 4.0 ini bertujuan untuk menerapkan pemahaman dan mengukur kesiapannya dalam melaksanakan transformasi yang mengarah ke industri 4.0,” jelas Ngakan.

Tinggalkan Balasan