UKM di Balikpapan Mulai Meningkat

UKM di Balikpapan Mulai Meningkat

Indonesian Today’s, Balikpapan – Erwinsyah, Kepala Bidang Industri Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kaltim mengatakan, terdapat dua area di Balikpapan yang dapat diandalkan guna meningkatkan sentra UKM di Balikpapan.

Pertama, industri pembuatan tahu dan tempe di Somber, sementara pusat oleh-oleh batu mulia dan tenun ada di Kebun Sayur.

Dia menuturkan, sentra batu mulia dan tenun di Balikpapan termasuk di antara sentra yang familiar di Indonesia.

Dengan pengenalan teknik produksi, Erwin bercita-cita agar geliat UKM di Balikpapan semakin baik dengan sokongan dan bantuan dari pemerintah pusat.

Baca Juga: Teknologi ‘Sehati TeleCTG’ Karya Anak Bangsa, Siap Menembus Pasar Global

“Pusat menyiapkan anggaran dana dan seminar pelatihannya. Provinsi mengontrol dan memantau pelaksanaan tersebut. Kabupaten/kota bertugas dalam penempatan dan pengendalian di lokasi. Semoga ini dapat terlaksana tahun 2019 ini,” kata Erwin.

Manajer Fungsi Asesmen Ekonomi dan Surveilans Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Nyi Mas Mirnayanti Jayasari menyatakan, produk IKM yang terus dikembangkan di Balikpapan masih dalam kualitas middle dan low, yang cukup banyak dijumpai di pusat perbelanjaan Kebun Sayur.

Guna menambah geliat industri IKM berstandar premium, semenjak 2018 pihaknya mengembangkan local economic development. Salah satunya produk premium itu ialah Batik Vi. “Untuk dapat menembus pasar internasional, terdapat juga sejumlah IKM yang lolos kurasi USA dari BI dan Dekranasda. Mereka juga mengikuti festival di New York Now,” terang Mirna.

(setya/itc)

Tinggalkan Balasan