BPS Kabupaten Siak Adakan Pelatihan Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat

BPS Kabupaten Siak Adakan Pelatihan Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat

Indonesian Today’s, SiakBadan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Siak adakan Pelatihan Petugas Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilayah Kerja Statistik (Wilkerstat), sebagai persiapan awal untuk melaksanakan sensus penduduk tahun 2020 di Hotel Grand Mempura, Jumat, 5 April 2019.

Aries Adi Putra, TU BPS Kabupaten Siak, dalam sambutannya menjelaskan, Wilkerstat adalah wilayah kerja statistik untuk kegiatan sensus dan survei yang diselenggarakan oleh BPS.

Pelatihan ini dibagi menjadi 3 gelombang, pertama tanggal 1 sampai dengan 4 April 2019, gelombang kedua tanggal 5 sampai dengan 8 April 2019, dan gelombang ketiga akan diadakan tanggal 9 sampai dengan 12 April 2019.

Pada gelombang kedua ini, jumlah peserta sekitar 89 orang dari tiga Kecamatan, yakni; Kecamatan Tualang, Kandis dan Bunga Raya. Ini adalah petugas-petugas yang sudah melalui tahap seleksi di kecamatan masing-masing.

Baca Juga: Pungli Sertifikat Tanah, Kades Dawuhan Terancam Pidana

Aries menyampaikan, pada saat pelaksanaan nanti, para petugas akan menggunakan perangkat telepon pintar berbasis android, supaya dapat memetakan lebih detail. Peta digital ini akan di aplikasikan dengan google map. Sehingga hasilnya benar-benar akurat.

Hasil pemetaan ini, nantinya akan digunakan sebagai bahan untuk mengetahui wilayah kerja para petugas sensus penduduk tahun 2020.

Dalam pelaksanaan sensus penduduk di tahun 2020 nanti, BPS menggunakan metode kombinasi, yaitu perpaduan antara data registrasi Sistem Administrasi Kependudukan yang dimiliki Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, dengan data yang ada di lapangan.

Sehingga nanti tidak akan terjadi daerah-daerah yang tidak tersensus atau bahkan tersensus dua kali.

Sebagai informasi, pemutakhiran peta dasar Wilkerstat SP 2020 ini nantinya juga dijadikan sebagai master frame kegiatan sensus dan survei pada tahun 2020-2030. Penyusunan peta wilkerstat menggunakan teknologi geospasial. Beberapa teknologi yang dimanfaatkan diantaranya Citra Satelit, perangkat Global Positioning System (GPS), dan Geographic Information System (GIS).

(atp/itc)

Tinggalkan Balasan