Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Possible related search: girl

Indonesian Today’s – YouTube belakangan sangat berkembang menjadi mesin uang di antara sejumlah orang. Mulai dari remaja sampai dewasa, tidak sedikit yang memakai YouTube guna mendapatkan uang.

Caranya dengan menjadi creator content atau Youtuber. Salah satu sosok terkenal ialah Daniel Middleton atau DanTDM yang penghasilannya menjangkau US$ 16,5 juta atau Rp 225,11 miliar pada tahun 2017 lalu.

Bagaimana teknik menghasilkan duit dari YouTube Channel? Daily Star pernah menyebutkan langkah demi langkah secara sederhana.

Pertama, ialah mendapatkan dan menambah viewer dan subscriber. Tercatat lebih dari 5 miliar video yang disaksikan setiap hari oleh 300 juta pengunjung YouTube.

Untuk meraih target itu, butuh konten yang unik dan mengunggahnya secara teratur dan konsisten. Apabila memiliki pengunjung yang banyak, maka iklan bakal segera datang.

Terdapat dua jenis mendapatkan duit dari iklan. Pertama, ongkos per klik atau cost per click (CPC). Pengiklan akan membayar menurut jumlah klik pada iklan.

Kedua, ongkos per tampil atau cost per view (CPV). Pengiklan membayar menurut jumlah penayangan iklan. Pengiklan bakal membayar andai iklan disaksikan paling tidak 30 detik dari durasi iklan.

Baca Juga: Apple Siap Luncurkan Ipad Terbaru 10,2 inch

Semua itu pun ada langkah yang mesti dilalui. Iklan bakal datang ke YouTube channel Anda, setelah kita mendaftarkan akun youtube melalui opsi monetisasi. Iklan akan muncul di permulaan video, di tengah atau berbentuk pop up. Untuk menemukan ini, channel YouTube mesti mempunyai paling tidak 10 ribu viewer.

Penghasilan dari iklan YouTube sejumlah $1,5 atau setara Rp 20.464 per 1.000 view. Kalau anda punya satu juta view/penonton, maka bakal mendapatkan US$1.500 (Rp 20,47 juta). Prinsipnya semakin banyaknya penonton semakin banyak pula pendapatan yang masuk ke rekening.

Selain itu, Youtuber dapat meningkatkan pundi-pundi dengan teknik menjalin kerja sama sendiri dengan perusahaan secara mandiri. Mereka memanfaatkan Google AdSense dengan menempelkan banner iklan di channelnya.

Meski begitu, tidak seluruh konten bakal menghasilkan uang. Youtuber memang berpotensi menemukan 67% penghasilan iklan. Namun yang terealisasi sekitar 15% yang menjadi penghasilan iklan, karena tidak sedikit pula pengunjung yang hanya melewatkan iklan yang terdapat di konten.

Cara berbeda juga dapat dilakukkan, yaitu dengan menciptakan video yang mempromosikan produk atau perusahaan atau istilah kini ‘endorse’. Nominal penghasilan bergantung dari total jumlah pengunjung. Biasanya tarif yang dikenakan $10.000 per 100 ribu view/penonton.

Untuk mendapatkan penghasilan ini, Youtuber pemula dapat memuat video yang berdurasi pendek, gampang diingat, dan originil. Di samping itu, butuh memanfaatkan media sosial seperti facebook, google plus, dan lainnya guna menyebarkan atau mempromosikan channel agar lebih banyak pengunjung yang menonton konten channel YouTube Anda.

Selamat mencoba!

(wid/itc)

Tinggalkan Balasan