Ketua DPRD Kapuas Hulu: Masyarakat Masih Bingung Cara Pencoblosan Surat Suara

Ketua DPRD Kapuas Hulu: Masyarakat Masih Bingung Cara Pencoblosan Surat Suara

Indonesian Today’s, Kapuas Hulu – Rajuliansyah, Ketua DPRD Kapuas Hulu, cemas masyarakat masih bingung ketika pencoblosan surat suara, lagipula untuk surat suara caleg tidak disertai potret sang calon legislatif.

Di Pemilu serentak kali ini, masing-masing pemilih bakal mendapat lima eksemplar kertas surat suara dengan warna tuntunan berbeda-beda, yang peruntukannya juga berbeda, yakni surat suara pemilihan presiden/wakil presiden, anggota DPR, anggota DPRD Provinsi, dan anggota DPRD Kabupaten/Kota.

Khusus pemilih di DKI Jakarta, mereka tidak bakal mendapatkan surat suara untuk memilih anggota DPRD Kabupaten/Kota.

Baca Juga: BPS Kabupaten Siak Adakan Pelatihan Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat

Adapun yang dilengkapi potret kontestan hanya untuk surat suara pemilihan presiden/wakil presiden dan anggota DPD.

“Saya tidak sedikit menerima laporan masyarakat, bahwa sampai detik ini masyarakat masih bingung dampak dari banyaknya jenis surat suara dan tidak adanya potret caleg,” ucap Ketua DPRD Kapuas Hulu, usai rapat persiapan Pemilu serentak 2019, di Putussibau, Kapuas Hulu, Kalbar, Senin (8/4).

Berdasarkan keterangan dari Rajuliansyah, sosialisasi mengenai pencoblosan dan pengenalan surat suara masih perlu dilakukan, supaya masyarakat paham masing-masing dari jenis surat suara.

Dia meminta semua pihak berkontribusi membantu penyelenggara Pemilu mensosialisasikan jenis-jenis surat suara.

“Itu kan tanggungjawab anda semua, tetapi memang saya sangat cemas masyarakat akan bingung,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kapuas Hulu, Ahmad Yani, mengatakan, sosialisasi tata cara Pemilu sampai proses pencoblosan terus dilakukan.

Bahkan kata Yani, relawan demokrasi yang telah disusun KPU mengucapkan langsung di tengah masyarakat untuk sekian banyak kalangan, baik itu pemilih pemula maupun pemilih usia lanjut dan kalangan lainnya.

“Tentunya kami pun minta partisipasi semua pihak supaya pelaksanaan pemilu berlangsung lancar,” ujar Yani.

(sus/itc)

Tinggalkan Balasan