Kisah TKI Cantik Endang Siswati, di Gaji 10juta

Kisah TKI Cantik Endang Siswati, di Gaji 10juta

Indonesian Today’s – Gaji besar. Kerja tidak berat. Majikan yang baik. Itulah harapan semua TKI di luar negeri, laksana halnya Endang Siswati.

Tetapi, tidak seluruh Tenaga Kerja Indonesia yang beruntung di negeri orang. Banyak TKI yang malah jadi korban kekerasan oleh majikan.

Ada tenaga kerja yang disiksa, diperkosa, maupun dibunuh. Ada yang bekerja setelah bertahun-tahun tapi tidak diberikan gaji, sampai-sampai tak dapat pulang ke Indonesia.

Meski tidak sedikit TKI yang tidak cukup beruntung, terdapat pula yang malah merasa paling nyaman bekerja di luar negeri.

Di antaranya ialah Endang Siswati. Tenaga Kerja Indonesia yang cantik menawan asal Kendal, Jawa Tengah, ini sudah bekerja di Hong Kong sekitar 14 tahun.

Ia merasa paling nyaman bekerja di Hong Kong, sebab gajinya besar, pekerjaannya tidak berat, dan yang terpenting mendapat majikan paling baik.

Endang dan majikannya bermukim di lantai 17 di suatu apartemen di Hong Kong. Di lokasi ini, Endang sudah bekerja sekitar 7 tahun. Sebelumnya, dia bekerja di lokasi lain.

Satu di antaranya ialah* Endang Siswati. TKI cantik asal Kendal, Jawa Tengah, ini sudah* bekerja di Hong Kong sekitar* 14 tahun lebih.

Setiap pagi, Endang turun ke lobi menjemput koran langganan majikannya. Setelah itu, mengepel lantai dan mencuci di rumah.

Selanjutnya, Endang melakukan membeli sarapan pagi dirinya dan majikan di pasar yang tak jauh dari lokasi tinggalnya.

Setelah pekerjaannya beres, Endang dapat menjelajah di dunia maya. Ia bebas berkaraoke dengan menggunakan software Smule.

Suara emasnya menjadikan warganet terkagum-kagum. Ya, Endang tidak melulu cantik, tetapi juga mempunyai suara yang merdu. Karenanya, tidak sedikit yang mengagumi Endang sampai akun Smule miliknya sudah mempunyai lebih dari 100 ribu followers.

Di samping karaoke, Endang pun bebas menciptakan vlog. Bahkan dia mempunyai channel Youtube sendiri dengan 2.971 subscriber.

Endang selalu mengunggah video aktivitasnya di Hong Kong di channel Youtube miliknya.

Di setiap minggu dia liburan dan hari cuti dia manfaatkan dengan mendatangi objek wisata di Hong Kong. Dia pun kerap bertemu dan berkumpul dengan sesama rekan TKI ketika hari libur.

Baca Juga: Siapa Rocky Gerung Sebenarnya?

Berapa gaji Endang Siswati? Wanita berhijab tersebut rupanya mempunyai gaji yang tak kalah dari gaji seorang manager perusahaan kecil.

Tenaga kerja cantik ini digaji 4.410 dollar Hong Kong atau Rp10 juta /bulan. Tak hanya itu, sang majikan juga sering melebihkan 100 dollar Hong Kong.

Setiap gajian, dia langsung mengirimkannya ke Indonesia via Western Union yang juga dekat dengan lokasi tinggalnya.

“Begitu nerima (gaji) langsung setor. Kalo gak begitu, nanti habis,” kata Endang Siswati dalam vlognya.

Meski gajinya lumayan tinggi dan pekerjaannya tidak berat, Endang menyatakan bahwa menjadi TKI bukanlah pilihannya. Ia juga terpaksa menjadi TKI karena hal finansial.

“Sebenarnya saya jadi TKI bukan murni keinginan saya ya, tapi sebab ekonomi dan finansial keluarga, jadi saya terpaksa,” ucapnya.

“Tapi sejauh ini saya jalani dengan sangat ikhlas, penuh kesabaran, mungkin ini semua sudah suratan yang mesti saya jalani, semoga akan indah pada waktunya,” pungkas TKI menawan ini.

(wid/itc)

Tinggalkan Balasan