F-35 Militer Jepang Hilang di Samudera Pasifik

F-35 Militer Jepang Hilang Kontak di Samudera Pasifik
ilustrasi

Indonesian Today’s, Misawa – Lockheed Martin F-35 (jet siluman) kepunyaan militer Jepang, hilang kontak radar dengan pangkalannya, Selasa (9/4). Pesawat tempur satu kursi tersebut terakhir kali terdeteksi di Samudra Pasifik, selama 135 kilometer dari arah timur pangkalan udara di Prefektur Aomori sejak pukul 19.27 waktu tokyo.

Pihak militer angkatan udara Jepang telah mengutus tim guna mendeteksi keberadaan pesawat dan pilotnya yang hilang. Insiden ini adalah yang pertama sekali terjadi pada F-35 versi A milik militer Jepang.

Baca Juga: Krisis Venezuela, MA Berusaha Mencabut Imunitas Juan Guaido

Tetapi, ini merupakan kemalangan kedua yang terjadi pada pesawat tempur Jepang sejak dua dasawarsa terakhir. Sebelumnya, pesawat F-35B kepunyaan AS sempat mendarat terpaksa di dekat Stasiun Udara Korps Marinir Beaufort di South California pada September tahun lalu.

Pesawat tempur generasi kelima ini dirancang untuk menjebol pertahanan musuh dengan menghindari deteksi radar. Lockheed Martin pun membuat versi C dari pesawat tempur F-35 yang dapat mengoperasikan kapal induk.

Skuadron F-35 kesatu Jepang sebetulnya baru saja beroperasi di pangkalan udara Misawa. Pemerintah Jepang pun berencana akan melakukan pembelian 87 unit pesawat tempur siluman untuk memperbarui dan perkuat pertahanan udaranya.

(dic/itc)

Tinggalkan Balasan