PPK Kecamatan Tualang Tak Paham ‘PKPU No 9/2019 Pasal 40’, Akibatnya Ratusan Warga Gagal Nyoblos

PPK Kecamatan Tualang Tak Paham 'PKPU No 9/2019 Pasal 40', Akibatnya Ribuan Warga Gagal Nyoblos

Indonesian Today’s, Tualang – Ribuan masyarakat kecamatan Tualang, kabupaten Siak terpaksa kehilangan hak pilih pada Pemilu Serentak 2019. Hal ini disebabkan sulitnya Petugas PPS untuk koordinasi dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Dari pantauan Indonesian Today’s, memang terdapat sejumlah TPS yang kekurangan surat suara, dikarenakan banyaknya warga yang tidak terdaftar dalam DPT namun memiliki KTP-el atau disebut Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Contohnya di TPS 28 dan TPS 26 desa Perawang Barat. Puluhan warga tidak dapat menggunakan hak pilih karena kehabisan surat suara.

Namun, dibeberapa TPS diluar wilayah desa Perawang Barat, justru banyak ditemui surat suara berlebih. Di desa Pinang Sebatang dan Pinang Sebatang Barat, adalah dua desa di kecamatan Tualang dimana sejumlah TPS yang berada di desa tersebut memiliki surat suara yang tersisa.

Tetapi, untuk dapat mengambil surat suara yang berlebih agar dapat di suplai ke desa lain, harus melalui prosedur dengan membuat berita acara dan diketahui oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Sementara itu, dihari pencoblosan tersebut pihak PPK justru sulit untuk dihubungi. hal itu diakui oleh Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dan ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 26 desa Perawang Barat.

“Kami sudah minta PPS untuk koordinasi dengan PPK, tapi dari pihak PPK tidak dapat dihubungi. Karena kami (KPPS) tidak bisa begitu saja meminta langsung dari TPS desa lain, prosedurnya kan harus ada berita acara dan diketahui oleh PPK”, jelas Afri Wahyudi, ketua KPPS kepada wartawan, Rabu (17/4/2019).

Tinggalkan Balasan