Sejumlah TPS di Riau Lakukan Pemungutan Suara Ulang

Sejumlah TPS di Riau Lakukan Pemungutan Suara Ulang

Indonesian Today’s, RiauKPU Riau mengatakan ada 30 tempat pemungutan suara di Riau yang melangsungkan pemungutan suara ulang pada hari ini, Sabtu (27/04/2019).

Berdasarkan data KPU Riau, total terdapat 31 tempat pemungutan suara (TPS) yang mengadakan pemungutan suara ulang (PSU) dan 32 pemungutan suara lanjutan (PSL) pada hari ini.

Komisioner dan Koordinator Divisi SDM KPU Riau, Nugroho Noto Susanto, menyatakan Kabupaten Pelalawan menjadi tempat paling banyak PSU yaitu ada 10 TPS. Sedangkan di Kota Pekanbaru terdapat tiga TPS, yaitu di TPS 9 Kelurahan Umban Sari serta TPS 14 dan 20 di Kelurahan Kampung Baru.

Sedangkan untuk pelaksanaan PSL paling banyak berada di Kabupaten Kampar ada sejumlah 12 TPS. Sedangkan di Kota Pekanbaru terdapat 10 TPS yang mengadakan PSL.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau, Rusidi Rusdan, mengakui bahwa tidak seluruh rekomendasi Bawaslu yang akhirnya dilakukan oleh KPU. Sebelumnya, Bawaslu Riau mengeluarkan rekomendasi untuk KPU sejumlah 112 TPS untuk dilaksanakan PSU dan PSL.

Berdasarkan data yang terangkum dalam laporan jajaran pengawas Pemilu, di Provinsi Riau terdapat sejumlah 2.816 pemilih yang tidak bisa mencoblos sebab surat suara habis.

Berdasarkan hasil pendataan permasalahan, sejumlah 26 TPS dilaksanakan PSU, dan 86 TPS dilaksanakan PSL. Namun pada pelaksanannya, jumlah PSU lebih banyak dari rekomendasi, sementara PSL jauh menurun.

Hal ini dinyatakan KPU Riau dan berdalih tidak seluruh rekomendasi Bawaslu Riau dapat dijalankan.

“Ini jumlah yang diputuskan sesuai aturan yang ada. Memang yang direkomendasikan Bawaslu sebelumnya lebih besar, tetapi yang dapat dijalankan PSU dan PSL hanya 32 TPS saja,” ucap Joni Suhaidi, anggota Divisi Teknis KPU Riau, kepada wartawan.

Baca Juga: PPK Sulit Dihubungi, Ratusan Warga Tualang Kehilangan Hak Pilih

Berikut ini rincian PSU dan PSL menurut data KPU Riau.

  1. Kabupaten Pelalawan PSU 10, PSL 3.
  2. Kabupaten Kepulauan Meranti 4 PSU.
  3. Kota Dumai 2 PSU.
  4. Kabupaten Indragiri Hulu 4 PSU.
  5. Kabupaten Indragiri Hilir 2 PSU, 4 PSL.
  6. Kabupaten Rokan Hilir 3 PSU.
  7. Kabupaten Bengkalis 3 PSU, 2 PSL.
  8. Kabupaten Kampar 12 PSL.
  9. Kota Pekanbaru 3 PSU, dan 10 PSL.
  10. Kabupaten Kuantan Singingi 1 PSL.

Tinggalkan Balasan