Jejak Bisnis Nabi Muhammad SAW “Resolusi Hajar Aswad”

Jejak Bisnis Nabi Muhammad SAW "Resolusi Hajar Aswad"

Indonesian Today’s – Pada saat Kota Makkah dilanda banjir besar, bangunan Kabah runtuh. Kaum Quraisy juga bergotong-royong memugar kembali bangunan tersebut.

Konflik antara pemuka-pemuka Quraisy terjadi ketika akan menempatkan kembali Hajar Aswad ke tempatnya. Meletakkan Hajar Aswad ialah kemuliaan untuk bangsa Arab Quraisy dan membawa keagungan pula terharap suku yang meletakkannya. Konflik itu nyaris saja menjadikan perang saudara antara mereka.

Akhirnya mereka menciptakan kesepakatan, siapa yang pertama masuk ke Masjidil Haram, orang itulah yang dapat memutuskan suku mana yang berhal menempatkan Hajar Aswad. Saat mereka menantikan orang yang dimaksud, Nabi Muhammad SAW bin Abdullah masuk ke dalam Masjidil Haram. Mereka juga langsung bersepakat mengusung Nabi Muhammad SAW yang familiar dengan gelar Al Amin (yang bisa dipercaya) untuk membuat keputusan.

Baca Juga: 4 Tips Sukses Merry Riana di Usia Muda

Setelah mendengar masalah yang dihadapinya semua kabilah, Nabi Muhammad SAW membentangkan sehelai kain surban dan menempatkan Hajar Aswad di tengah-tengah sorban itu. Beliau meminta seluruh ketua kabilah memegang di masing-masing penjuru surban, kemudian mengangkatnya bersama-sama. Saat sampai di ambang kabah, Muhammad mewakili seluruh suku menempatkan batu tersebut di tempat asalnya. Semua kaum merasa puas dengan tahapan yang arif dan adil.

Baca Halaman Selanjutnya…

Tinggalkan Balasan