Terkait Isu 22 Mei, Aparat Sweeping Warga Surabaya Yang Hendak ke Jakarta

Aparat Bersenjata Sweeping Warga Surabaya Yang Ingin Demo ke Jakarta 22 Mei

Indonesian Today’s, SurabayaSatbrimob Polda Jawa Timur bersenjata lengkap bersama Polres Sidoarjo, Kodim Sidoarjo dan Dishub Purabaya melakukan sweeping masyarakat Jatim yang hendak ke Jakarta ikut aksi pada 22 Mei, bertepatan dengan pengumuman hasil Pemilu 2019. Aksi sweeping sendiri dilangsungkan di Terminal Purabaya, Bungurasih, Sabtu (18/5/2019) malam.

Setiap bus yang masuk ke Terminal Purabaya dicek oleh petugas, baik barang bawaannya maupun destinasi perjalanan. Ini dilaksanakan untuk menangkal warga Jawa Timur untuk ikut aksi di Jakarta pada 22 Mei 2019. Selain terminal Purabaya, petugas pun melakukan sweeping di Stasiun Pasar Turi, Surabaya.

Sampai Jadwal keberangkatan kereta api terakhir Pukul 21.00 WIB, tidak ditemukam rombongan maupun perorangan yang bakal ke Jakarta untuk ikuti demo pada 22 Mei. Kondisi serupa pun terjadi di akses Jembatan Suramadu sisi Bangkalan.

Baca Juga: Meski Kondusif, Kapolda Jateng Tetap Siaga

Sejumlah personel Polres Bangkalan diterjunkan guna men-sweeping rombongan warga atau perseorangan yang pergi ke Jakarta untuk aksi demo 22 Mei. Namun polisi belum menemukan kumpulan atau perorangan yang bakal ke Jakarta, serta belum menemukan barang-barang berbahaya.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera menjelaskan, sweeping tersebut dilaksanakan untuk mengantisipasi masyarakat Jatim yang hendak ikut aksi demo di Jakarta pada 22 Mei. Warga Jatim diimbau tidak ke Jakarta, tetapi jika hendak menyampaikan aspirasi cukup di Jatim.

“Nanti oleh Polda bakal disiapkan lokasi untuk menyampaikan aspirasi dan dilaksanakan pengamanan. Beberapa titik yang menjadi sasaran sweeping malam ini mencakup Terminal Purabaya, Stasiun Pasar Turi dan Suramadu,” ujar Barung, Sabtu malam.

(din/itc)

Tinggalkan Balasan