Bocorkan Informasi Pertahanan ke China, Mantan Agen CIA Divonis 20thn Penjara

Bocorkan Informasi Pertahanan ke China, Mantan Agen CIA Divonis 20thn Penjara

Indonesian Today’s, Washington – Mantan agen Central Intelligence Agency (CIA) Amerika Serikat, Jumat lalu divonis 20 tahun penjara sebab telah menjadi mata-mata China dengan membocorkan rahasia pertahanan AS kepada negara tersebut, ungkap Departemen Kehakiman.

Kevin Patrick Mallory, dari Leesburg Virginia, ditetapkan bersalah oleh juri federal pada Juni 2018. Atas sebanyak tuduhan konspirasi guna membocorkan informasi pertahanan nasional untuk membantu pemerintah asing dan menciptakan pernyataan palsu.

“Kasus ini adalah salah satu kasus yang mengkhawatirkan di kalangan mantan agen CIA AS yang menjadi target China dan mengkhianati negara serta kerabat mereka,” ucap John Demers, Asisten Jaksa Agung.

Baca Juga: Pelaku Bom Sri Lanka Terekam CCTV

Departemen Kehakiman menuliskan bahwa Mallory, 62 tahun, memegang sejumlah tugas rahasia dengan agen pemerintah dan kontraktor pertahanan. Ia bekerja sebagai agen kasus rahasia untuk CIA sekaligus agen intelijen di Badan Intelijen Pertahanan (DIA). Mallory memegang izin keamanan rahasia.

Bukti di persidangan Mallory mencakup video CCTV yang dipungut dari toko FedEx di Leesburg, lokasi Mallory yang tampak sedang memindai dokumen yang diklasifikasikan “Secret” dan “Top Secret” ke dalam kartu memori, yang ditemukan penyelidik FBI ketika menggeledah lokasi rumah Mallory di hari penangkapannya.

(wis/itc)

Tinggalkan Balasan