Prabowo-Sandi siapkan Materi Gugatan ke MK

Prabowo-Sandi siapkan Materi Gugatan ke MK

Indonesian Today’s, Jakarta – Prabowo-Sandi, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, akan menyiapkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Hal ini pasca KPU memutuskan hasil rekapitulasi suara yang memenangkan paslon Jokowi-Ma’ruf Amin.

Sufmi Dasco Ahmad, Direktur Advokasi dan Hukum BPN Prabowo-Sandi, menyatakan keputusan pihaknya bakal menempuh jalur MK setelah kumpulkan jajaran Badan Pemenangan Nasional (BPN) di lokasi rumah pribadi Prabowo.

“Menyikapi hasil dari KPU RI yang sudah memberitahukan hasil rekapitulasi nasional pada pagi-pagi sekali tadi, rapat hari ini menyimpulkan paslon 02 akan mengemukakan gugatan ke Mahkamah Konstitusi,” tutur Dasco di Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jaksel, Selasa (21/5/2019).

Politkus partai Gerindra tersebut mengatakan, dalam beberapa hari ke depan, pihaknya bakal menyiapkan berkas materi gugatan yang akan dikemukakan ke MK berhubungan hasil rekapitulasi suara pilpres yang sudah dituntaskan oleh KPU.

“Kami bakal mempersiapkan materi sesuai dengan tenggat masa-masa yang ada guna memajukan gugatak ke MK,” tuturnya.

Di samping itu, Dasco pun memberkan sedikit dalil mengapa Prabowo-Sandi hendak melanjutkan ke MK. Dikarena dia menyaksikan adanya peluang siginifikan dalam perhitungan suara oleh KPU.

“Kita menyaksikan bahwa terdapat pertimbang-pertimbangan lantas ada hal-hal paling krusial terutama tentang perhitungan-perhitungan yang paling signifikan yang dapat di bawa ke MK,” lanjutnya.

Baca Juga: Kritik Pengumuman KPU, Prabowo: Janggal Dilakukan Senyap Pagi Dini Hari

KPU RI memberitahukan pemenang perhelatan Pilpres 2019. Hasilnya, Capres-cawapres nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin memenangkan pesta demokrasi lima tahunan tersebut dengan pendapatan suara sebesar 85.607.362 atau 55,50 persen dari total suara sah nasional sejumlah 154.257.601 .

Sementara lawannya, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno hanya 68.650.239 atau 44,50 persen. Perbedaan suara dua-duanya mencapai 16.857.123 pemilih.

(set/itc)

Tinggalkan Balasan