Pengawasan Corona di Bandara Soekarno-Hatta Asal-asalan, Jauh Dari Standar WHO

Pengawasan corona di pintu masuk bandara Indonesia terkesan asal-asalan dan tidak sesuai standar

Bandara ialah gerbang pertama untuk membendung virus corona masuk ke satu negara. Jika pengawasannya seperti asal-asalan bagaimana?

Hal ini jauh dari apa yang disampaikan Presiden Jokowi, yang mengumbar bahwa pengawasan bandara Indonesia sangat ketat sesuai standar WHO.

Tim indotoday baru saja pergi ke beberapa negara di Eropa, sebelum pulang ke Indonesia. Pada dasarnya, masing-masing negara di dunia memperhatikan sekali COVID-19. Namun, agak berbeda standarnya dengan Indonesia.

virus corona
Ketatnya Pengawasan Corona di Pintu Masuk Bandara Korsel dan Negara-negara Eropa

Bandara Soekarno-Hatta

Ketika tim indotoday tiba di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, akhir pekan kemarin, tampak seluruh penumpang diminta mengisi formulir kesehatan berwarna kuning. Separuh diambil petugas, separuh lagi disimpan.

Masalahnya, formulir isian ini adalah penilaian pribadi, bukan evaluasi medis. Petugas sibuk mengumpulkan formulir. Tampak ada dua petugas dengan termometer, tetapi dalam pemantauan indotoday, pemeriksaan suhu tubuh seperti dilakukan secara random saja.

Baca Juga: 4 Jenis Hewan Penyebab Virus Corona, Nomor 3 Tak Kamu Duga…

Tidak semua penumpang diperiksa suhu tubuhnya seperti di Bandara Italia. Jika penumpang sengaja ingin menghindari petugas, hal ini mudah saja untuk dilakukan. Terus terang, pemeriksaan ini seperti ala kadarnya.

Kalau masalahnya ialah jumlah penumpang yang ratusan, mengapa tidak diperbanyak SDM-nya? Toh, dengan jumlah penumpang yang sama, Bandara Malpensa Milan dapat memeriksa penumpang satu persatu tanpa terkecuali.

Lihat Video Halaman Berikutnya…

Tinggalkan Balasan