Surabaya Masih Status Zona Merah Corona, Pemkot Malah Ngotot

Pemerintah Kota Surabaya bersikukuh bahwa Kota Pahlawan telah berstatus zona hijau penularan virus corona (Covid-19), meski hal tersebut sudah dibantah melalui web resmi pemerintah.

Indonesian Today, Surabaya – Kenyataan per hari ini, Selasa (4/8), Kota Surabaya masih berstatus zona merah menurut laman infocovid19.jatimprov.go.id yang diakses IndonesianTodays.com pukul 13.30 WIB.

“Silakan yang menilai seperti apa, yang jelas kita warnanya telah hijau,” tandas Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya, Irvan Widyanto ketika dikonfirmasi Selasa (4/7).

Irvan mengatakan perubahan status zona hijau Surabaya tersebut berdasarkan kajian pakar epidemiologi yang dilaporkan kepada Pemkot Surabaya.

virus corona

Dari laporan epidomolog, Irvan menjelaskan bahwa transmission rate di Surabaya sudah berada di bawah angka satu.

“Dari pakar epidemiologi, dr Ati, disampaikan data hingga dengan 26 Juni 2020 memang hijau, untuk transmission of rate-nya tersebut sudah di bawah 1 kita. Bahkan hingga dengan 8 hari kita telah hijau,” ucapnya.

Baca Juga: Alasan Luhut Dukung TKA China Masuk Indonesia

Tak hanya itu, Irvan juga mengatakan, tren kasus Covid-19 di Kota Surabaya juga diklaim mengalami penurunan, angka kesembuhannya juga meningkat.

“Untuk tren kasus dari berbagai data yang telah diterima, mengalami tren penurunan terkait jumlah kasus, dan ada eskalasi jumlah kesembuhan,” kata Irvan.

Status zona hijau Kota Surabaya pertama kali dilontarkan Wali Kota Tri Rismaharini, akhir pekan lalu. Merujuk data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Risma menyinggung tingkat penularan corona Surabaya telah menurun dengan kesembuhan yang semakin meningkat.

Tinggalkan Balasan