Amien Rais Ibaratkan Jokowi Mirip Seperti Firaun

“Jokowi terbuai dengan puja-puji pendukungnya. Para sycophants (penjilat) itu dapat meyakinkan mantan Wali Kota Solo yang ‘terbaik di dunia’ tersebut benar-benar dicintai rakyat hingga batas yang jauh sampai dia berani mengatakan ‘Aku adalah Pancasila’,” tutur Amien.

Eks Ketua MPR tersebut mengatakan ada sejumlah penjilat di sekitar Jokowi. Namun, menurutnya, eksistensi penjilat dibutuhkan saat sistem otoritarisme dibangun.

Amien kemudian mengungkit kisah saat Firaun melawan Nabi Musa AS. Dia mengatakan Firaun menjanjikan posisi penting bagi orang sekelilingnya jika membawanya pada kemenangan.

Amien bicara hal ini sembari memperlihatkan Surat Al-Anfal ayat 113 dan 114.

Hal ini mengingatkan kisah abadi tatkala Firaun mau beradu kekuatan dengan Musa AS. Para petinggi sihir yang mengerumuni Firaun bertanya ‘apa kiranya yang akan kami peroleh bila kami berhasil memenangkan Baginda Firaun?’,” kata Amien.

Baca Juga: Alasan Luhut Dukung TKA China Masuk Indonesia

“Jawab Firaun, ‘Pasti kalian akan mendapat posisi penting di sekitarku’. Ini Al-Araf 113. Saya baca aslinya. Jadi mereka bertanya, nanti akan kita raih kemenangan, Raja Firaun, apa yang akan kami peroleh? Maka Firaun mengatakan, ‘Pasti akan menjadi orang dekat disekelilingku’,” tambahnya.

Menurutnya, dalam sistem otoriter, maka sistem checks and balances dalam demokrasi akan dimatikan. Amien mengatakan trias politika yang jadi fondasi demokrasi telah dimatikan.

(sis/itc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *