Bansos Tunai 2021, Berikut Persayaratan dan Pembagiannya

Indonesian Today, JakartaProgram Bantuan Sosial (Bansos) dari Kementerian Sosial (Kemensos) akan dilanjutkan pada tahun depan.

Menurut Menteri Sosial Tri Rismaharini bansos 2021 bagi warga yang terdampak COVID-19 ini akan mulai disalurkan pada 4 Januari 2021.

Risma menyampaikan hal tersebut bersama dengan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy seusai keduanya mengikuti rapat terbatas dengan topik “Persiapan Penyaluran Bantuan Sosial Tahun 2021” yang dipimpin Presiden Joko Widodo.

Bansos yang awalnya berbentuk sembako untuk masyarakat di wilayah Jabodetabek itu diubah menjadi bantuan tunai.

“Untuk wilayah Jabodetabek yang tahun ini menggunakan skema sembako, Bantuan berupa sembako akan diubah menjadi bantuan langsung tunai yang nanti akan diantar oleh tenaga dari PT Pos ke rumah. Jadi tidak perlu datang ke kantor pos karena kita khawatirkan nanti timbul kerumunan karena itu akan diantar ke masing-masing alamat dengan teknik yang sudah diatur oleh Bu Mensos,” kata Muhadjir.

bansos 2021

Menurut Risma, pembahasan berbagai skema dan data penerima bantuan untuk 2021 masih dalam proses finalisasi.

“Kenapa hampir, karena kita akan mengembalikan [data] hari ini ke daerah dan [data] itu harus kembali ke pemerintah pusat tanggal 1 Januari. Bu 1 Januari kita libur?’ Kita enggak ada libur karena saya ingin menyampaikan sesuai dengan instruksi Bapak Presiden bahwa minggu pertama Januari bantuan ini sudah bisa diberikan kepada penerima manfaat bantuan,” ungkap Risma.

Baca Juga: Tertangkap! Mata-mata Jerman Masuk ke Markas FPI

Alasannya karena rata rata melakukan belanja sembako di Indonesia per bulan adalah senilai Rp3,76 triliun atau sekitar Rp60 miliar untuk lebih dari 500 kota dan kabupaten di Indonesia.

“Artinya akan ada perputaran uang yang cukup besar di daerah. Penerima program sembako atau BPNT (Bantuan Pangan Non-Tunai) tahun ini adalah 18,8 juta penerima dengan menerima Rp200.000 per bulan untuk Januari sampai dengan Desember,” tambah Risma.

Jadwal Pencairan Bansos 2021 ???

LIHAT HALAMAN BERIKUTNYA…

Tinggalkan Balasan